Jumat, 28 Juni 2013


Gerak harmonik sederhana adalah gerak periodik dengan lintasan yang ditempuh selalu sama. Gerak harmonik sederhana mempunyai persamaan gerak dalam bentuk sinusoidal dan digunakan untuk menganalisis suatu gerak periode tertentu. Getaran yang merambat menimbulkan suatu gelombag yang berbentuk sinusoida.Dapatkah kita katakan bahwa gelombang adalah getaran yang merambat. Getaran harmonik memiliki sejumlah energi sehingga perambatan getaran berarti juga perambatan energi. Jadi energi dapat berpindah darisatu tempak ketempat lain melalui gelombang. Misalnya, gelombang laut (ombak) yang membawa energi mampu menghancurkan batu karang yang dihantamnya.
Batu kecil yang anda jatuhkan kedalam air memberi usikan awl pada permukaan air tempat dimana batru terjatuh. Usikan ini kemudian merambat pada permukaan air berbentuk riak lingkaran – lingkaran yang sepusat. Kita sebut riak lingkaran – lingkaran yang merambat radialkeluar ini sebagai gelombang permukaan air. Apakah partikel – partikel air itu merambat bersama dengan mermbatnya usikan? Partikel – partikel air hamya bergerak naik turun. Usikan merambat radial keluar dari permukaan air, dan secara intuisi menyatakan bahwa partikel-partikel juga bergerak radial keluar, tetapiter nyata tidak! Hanya usikanlah yang merambat radioal keluar. Jika sebuah gabus tutup botol yang mengapung pada permukaan air yang sedang terusik, maka gabus akan bergerak naik turun bersamaan dengan gerak naik turun partikel-partikel air yang ditempatinya, akan tetapi riak-riak (usikan ) yang bergerak radial keluar tidak akan membawa gabus tersebut denganya.
Ombak yang mendatangi pantai sering membawa material-material (misalnya kertas dan sampah) ke tepi pantai. Ini terjadi bukan karena material tersebut dibawa oleh gerak partikel air naik turun, tetepi material-material tersebut dibawa oleh gaya angin yang bekerja dalam arah mendatar. Dapat dikatakan bahwa pada gelombang, getaranlah yang merambat sedang partikel-partikel medium tidak ikut merambat.
Macam-macam Gelombang
  1. Gelombang berdasarkan arah perambatanya
gelombang transversal
adalah gelombang yang arah getaranya tegak lurus arah rambatanya. Satu gelombang terdiri atas satu lembah dan satu bukit, misalnyaseperti riak gelombang air, benang yang digetarkan.
gelombang longitudinal
adalah gelombang yang arah merambat dalam arah yang berimpitan dengan arah getaran pada tiap bagian yang ada. Gelombang yang terjadi berupa rapatan dan ranggamgan. Contoh gelombang longitudinal seperti slingki/ pegas yang ditarik kesamping lalu dilepas.
  1. Gelombang berdasarkan medium perambatan
gelombang mekanik
adalah sebuah gelombang yang dalam permbatanya memerlukan medium, yang menyalurkan energi untuk keperluen proses penjalaran sebuah gelombang. Suara merupakn salah satu contoh gelombang mekanik yang merambat melalui perubahan tekanan udara dalam ruang (rapat-ranggangnya molekul-molekul udara). Tanpa udara, suara tidak dapat dirambatkan. Di pantai dapat dilihat ombak, yang merupakan gelombang mekanik yang memerlukan air sebagai mediumnya.
gelombang elektromagnetik
adalah gelombang yang dapat merambat walaupun tidak ada medium. Cahaya matahari dapat sampai kebumiwalaupun antara matahari dan bumi terdapat suatu ruang hampa (tanpa medium).usikan pada gelombang cahaya adalah berupa medan listrik dan medan magnetik yang saling tegak lurus, menghasilkan perambatan gelombang yang tegak lurus terhadap kedua usikan ini. Seperti diketahui bahwa medan listrik dan medan magnet dapat merambat tanpa memerlukan medium.
  1. Gelombang berdasarkan amplitudonya
gelombang berjalan
adalah gelombang yang memiliki amplitudo tetap pada titik yang dilewatinya.
gelombang stasioner
adalah gelombang yang amplitudonya berubah-ubah. Gelombang stasioner terjadi karena interferensi terus menerus antara gelombang datang dan gelombang pantul yang memiliki frekuensi dan amplitudo sama, dan bergerak dengan arah berlawanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar